Tertipu Perusahaan Cargo Palsu, Pengusaha Rugi Rp 207 Juta

Kamis, 09 Mei 2013

Jakarta - Erik Harisman Meliala ditipu sejumlah orang yang mengaku dari perusahaan cargo yang menawarkan jasa mengurus kontainernya di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta. Akibatnya pengusaha ini merugi hingga Rp 207 juta.

Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Rikwanto mengatakan pihaknya telah menangkap lima dari enam tersangka. Lima tersangka yang sudah tertangkap adalah Fachruddin alias Thomas Winarko (32), Mukhtaruddin alias Yogie Danuarta alias Mizwar Pranoto (21), Jamali alias Widjadja Alexander (30), Fadli alias Bambang Kuntowijaya (21) dan Taufik alias Roden Wijaya (32). Para tersangka mengaku dari PT Hanjin International Shipping.

"Tersangka RS alias Ryan belum tertangkap. Dia adalah orang yang memberikan data dokumen cargo kepada tersangka Fachrudin," kata Rikwanto kepada wartawan di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Rabu (8/5/2013).

Rikwanto mengatakan, modus penipuan yang dilakukan tersangka adalah dengan menghubungi korban melalui telepon dan mengaku dari perusahaan shipping, PT Hanjin International Shipping yang akan mengeluarkan kargo milik korban di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta.

"Dari hasil penyelidikan dan penyidikan yang dilakukan oleh anggota Cyber Crime, telah berhasil ditangkap para tersangka di Jalan Mabes Hankam No 31A, Kampung Setu RT 004/07, Kelurahan Setu, Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur pada 12 April 2013," jelas Rikwanto.

Dari hasil penyidikan, aksi tipu-tipu itu dilakukan bersama-sama oleh para tersangka dengan peran masing-masing. Sementara para tersangka mendapatkan data dokumen kargo milik perusahaan korban dari tersangka Ryan yang saat ini masih diburu.

Dari para tersangka, disita sejumlah barang bukti seperti sejumlah ATM dan buku tabungan, sejumlah uang tunai, KTP, alat pembuat jus, kulkas dan sejumlah handphone serta dokumen import.

Dijelaskan Kasubdit Cyber Crime Polda Metro Jaya AKBP Audie Latuheru, penipuan itu terjadi pada tanggal 14 Maret 2013. Saat itu, korban yang bekerja di PT Devgen Seeds and Corp Technology menerima telepon dari tersangka Fachrudin. Kepada korban, tersangka mengaku bernama Thomas Winarko yang akan mengurus barang milik perusahaan korban di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara.

"Untuk meyakinkan korban, tersangka kemudian mengirimkan fax data barang yang diimpor korban, menginformasikan bahwa barangnya sudah masuk di pelabuhan," kata Audie

Komunikasi itu diyakinkan tersangka dengan menyebut nomor kontainer dan isi kontainer yang masuk ke pelabuhan.

Percaya begitu saja, korban kemudian pada tanggal 15 Maret 2013 menghubungi tersangka Fachrudin. Tersangka kemudian meminta dokumen kepada korban untuk merinci biaya pengurusan barang di pelabuhan.

"Korban kemudian mengirimkan dokumen yang dimaksud melalui email kepada tersangka dan mentransfer uang tersebut ke rekening tersangka," kata Audie lagi.

Namun, setelah berhari-hari, kontainer milik korban tidak kunjung dikirim ke kantornya. Korban yang kemudian mengevaluasi semua pembayaran dan dokumen yang diberikan oleh PT Hanjin International Shipping dan menemukan kejanggalan dalam surat tersebut.

"Korban kemudian mengecek ke kantor PT Hanjin Shipping International yang beralamat di Jl Tendean No 8 Jakarta itu ternyata tanaj kosong yang dipagar seng," ujar Audie.

Korban yang menyadari telah tertipu kemudian melapor ke Polda Metro Jaya. Atas perbuatannya, tersangka dijerat dengan Pasal 378 KUHP tentang penipuan dan Pasal 28 ayat 1 UU RI No 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE).

(mei/lh)

Mex Cargo Samarinda | www.mex-smd.blogspot.com

diSadur dari http://news.detik.com/read/2013/05/08/152511/2241211/10/tertipu-perusahaan-cargo-palsu-pengusaha-rugi-rp-207-juta?9922022

1 komentar:

  1. MEX CARGO SAMARINDA mengatakan...:

    berhati-hatilah dalam memilih jasa pengiriman yang tepat utuk distri busi barang bpk/ibu, karna begitu banyak terjadi penipuan yg merugikan banyak pihak,

Posting Komentar

 
MEX CARGO SAMARINDA © 2011 | Designed by Interline Cruises, in collaboration with Interline Discounts, Travel Tips and Movie Tickets